Skip to main content

Biografi Lengkap Baden-Powell, Bapak Pandu Dunia

Asalamu’alaikum, Salam Pramuka ✋😎 
Bagi adik-adik para pecinta pramuka, tentunya sangat tidak asing dengan sosok yang bernama Baden Powell kan. Ya betul, sosok pertama yang memperkenalkan kepanduan kepada kita semua, sehingga sampai detik ini kita dapat mengambil pelajaran-pelajaran yang amat berharga, banyak manfaatnya dalam kehidupan. Seorang pramuka (pandu) memiliki prinsip-prinsip dasar sesuai dengan prinsip dasar kepanduan. Ilmu kepanduan ini sangat cocok bagi para siswa atau pelajar yang sedang mengenyam dunia pendidikan di sekolah. Pramuka menjadikan wadah untuk mengasah kemampuan diri, membentuk pribadi yang tangguh, menjadi sosok yang mandiri, dan masih banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk bahan motivasi, mari kita membaca sejarah orang pertama yang memperkenalkan kepanduan kepada kita. Simak uraiannya berikut ini.

Biografi Singkat Baden Powell

Nama Panjang : Robert Stephenson Smyth Baden-Powell
Dikenal : Baden Powell
Lahir di : Paddington, London Inggris
Pada tanggal : 22 Februari 1857

Baden Powell merupakan anak keenam dari pasangan Prof. Domine Baden Powell dan Henrietta Grace Smyth.

  • Tahun 1870, Baden Powell masuk ke Charterhouse School. Di sekolah ini, beliau sangat populer.
  • Tahun 1876, Baden Powell menamatkan sekolah, lalu bergabung dengan Dinas Kemiliteran.
  • Tahun 1901, Baden Powell menghadiri perkemahan di Pulau Brownsea yang konon dinamakan perkemahan pertama.
  • Tahun 1908, terbitlah buku yang berjudul Scouting for Boys, sebuah buku yang memuat perkembangan kepanduan menjadi besar.
  • Tahun 1912, Baden Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames dan dikaruniai tiga anak.
  • 6 Agustus 1920, tepatnya hari terakhir jambore, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Dunia (Chief Scout of the World)
  • 8 Januari 1941, Baden Powell wafat di Nyeri, Kenya.

Biografi Lenkap Baden-Powell, Bapak Pandu Dunia
Baden Powell bersama isterinyaOlave St. Clair Soames

Mengenal Lebih Jauh Sir Robert Baden Powell Bapak Pandu Dunia

Sir Robert Baden-Powell ialah pendiri gerakan Pandu Dunia. Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di kota London, Inggris. Nama lengkapnya yaitu Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Beliau merupakan seorang multi bakat. Selain sebagai seorang Letnan Jenderal di Angkatan  Bersenjata Inggris, Baden Powell juga seorang penulis, pelukis, pemusik, dan pendiri gerakan kepanduan dunia. 

Reputasi Baden-Powell mulai menanjak pada saat Perang Boer di Afrika Selatan. Pada tahun 1899 terjadi pengepungan di Kota Mafeking. Selama 217 hari, beliau bertindak sebagai Komandan Garnisun, sukse mempertahankan kota itu. Reputasi ini membuatnya dianggap sebagai pahlawan nasional. Selain sebagai tentara, Baden Powell juga menulis beberapa buku militer terkait metode pengamatan militer dan cara-cara mencari jejak. Salah satu buku tersebut, Aids to Scout, ternyata digemari juga oleh para remaja dan umum. Berdasarkan fakta ini, kemudian Baden-Powell menulis buku kepanduan yang pertama dengan judul Scouting for Boys yang diterbitkan oleh Sir Arthur Pearson pada 1908. Buku ini menjadi acuan bagi gerakan kepanduan dunia.

Pada tahun 1912, Baden-Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames, uniknya, Olave mempunyai tangga lahir yang sama dengan saudara perempuan Baden-Powell. Bersama dengan saudara perempuan Baden-Powell, Agnes Baden-Powell, Olave bekerja sama membangun Kepanduan Putri.

Baden Powell diangkat menjadi pimpinan kepanduan dunia pada tahun 1920. Dalam kepemimpinannya, kepanduan merebak ke segala penjuru dunia. Hingga masa pensiunnya pada tahun 1937, jumlah anggota kepanduan seluruh dunia telah mencapai 3,3 juta Pandu. Atas prestasinya tersebut dan pengabdiannya terhadap Kerajaan Inggris, maka Ratu Inggris memberikan Gelar Ksatria (Lord) kepada Baden-Powell. Lord Baden Powell menghabiskan akhir hidupnya di benua Afrika, yaitu Negara Kenya. Beliau meninggal dunia pada tahun 1941.


Comments